|

Informasi Ujian CPNS Honorer K2 Tahun 2013

Jadwal Ujian CPNS Honorer K2 direncanakan akan dilaksanakan pada bulan April 2013. Ujian honorer K2 ini adalah syarat pengangkatan tenaga honorer Kategori 2 (K2) menjadi PNS.

Bentuk Tes CPNS Honorer K2
Tidak berbeda dengan ujian CPNS kategori reguler/pelamar umum ujian CPNS honorer K2 juga dilakukan melalui dua tahapan tes, yaitu tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

Bentuk tes TKD CPNS Honorer K2 yang diberikan terdiri dari tiga bidang yaitu: Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Sedangkan tes TKB CPNS honorer K2 disesuaikan dengan bidang pekerjaan dan jurusan/formasi masing-masing peserta tes honorer K2. Misalnya jika guru akan diberikan tes TKB Guru, yaitu pengetahui dibidang keguruan, begitu juga dengan bidang pekerjaan lainnya.

Pelaksanaan tes TKD dan TKB CPNS honorer K2 ini akan dilakukan di hari yang sama. Jadi tidak ada jeda waktu yang panjang.

Nantinya hasil tes akan diolah oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) di bulan yang sama dengan pelaksanaan ujian. Sedangkan penyerahan hasil pengolahan ujian kompetensi dasar dan bidang yang ditandatangani oleh konsorsium serta panitia seleksi nasional (Panselnas) kepada MenPAN&RB akan dilaksanakan pekan ketiga April

Saat ini pembuatan master soal oleh PTN sudah mulai dilakukan. Nantinya master soal dan formulir ujian kompetensi dasar (TKD dan TKB) ini akan diserahkan lebih dulu kepada Panselnas (Panitia Seleksi CPNS Nasional).

Jadi Panselnas yang akan menyerahkan master soal, formulis serta kunci jawaban ujian kompetensi dasar serta bidang kepada instansi untuk digandakan dan didistribusikan ke lokasi tes. Penyerahan ini akan diawasi ICW serta kepolisian. Jadi kalau terjadi kebocoran, pejabat pembina kepegawaian yang harus bertanggung jawab.

Jumlah Peserta Ujian CPNS Honorer K2
Adapun jumlah awal honorer K2 yang masuk ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah 652.458 orang. Jumlah tersebut berdasar data usulan tentang tenaga honorer dari 28 instansi pusat dan 487 instansi daerah. Namun setelah perekaman, jumlah tersebut berkurang menjadi sekitar 570 ribu.

Persiapan Menghadapi Ujian CPNS Honorer K2
Bagi peserta tes Ujian CPNS Honorer K2 Tahun 2013 karena proses seleksi harus dijalankan maka jika ingin lulus CPNS harus menyelesaikan soal CPNS honorer K2 dengan nilai melampaui ambang batas Passing Grade kelulusan CPNS honorer K2. Jadi yang terbaik mulai saat ini calon peserta ujian diharapkan sudah mempersiapkan diri dengan mempelajari soal-soal latihan CPNS. Silahkan belajar Latihan Soal CPNS Disini.

Bagikan :
Editor ASN-Id Pada 12:11 AM. Kategori , , . Ikuti kami di: RSS Feed, Google+, Facebook, atau di Twitter
Silahkan berikan komentar anda pada form dibawah

Artikel Lain:

Terbaru

Terkomentari


▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼▼

You Can Also Receive Free E-Mail Updates: